Militer Kolombia Bersiaga Tanggapi Angkatan Bersenjata Venezuela

Militer Kolombia bersiaga menanggapi latihan angkatan bersenjata Venezuela di sepanjang perbatasan kedua negara yang dianggap sebagai ancaman terbuka
Militer Kolombia Bersiaga Tanggapi Angkatan Bersenjata Venezuela
Militer Kolombia (nacla)

Bogota, Nusantaratv.com - Militer Kolombia bersiaga menanggapi latihan angkatan bersenjata Venezuela di sepanjang perbatasan kedua negara yang dianggap sebagai ancaman terbuka. 

Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan serangkaian latihan militer yang dimulai pada hari Selasa (10/9/19) sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai agresi yang direncanakan Kolombia terhadap negara OPEC.

"Adapun latihan-latihan yang dilakukan rezim Venezuela kami waspada," kata Jenderal Luis Navarro melansir Reuters. 

Baca Juga : Beijing Segera 'Pensiun' dari Daftar 200 Kota Paling Tercemar di dunia

 Maduro menuduh Kolombia telah mempersiapkan serangan setelah Presiden Ivan Duque mengatakan bahwa pemimpin sosialis itu melindungi anggota kelompok gerilya ELN dan anggota pembangkang FARC, beberapa di antaranya baru-baru ini mengangkat senjata lagi. 

Maduro telah berulang kali memperingatkan tentang invasi oleh Kolombia yang dikoordinasi oleh pemerintah AS. 

Yang juga telah menjatuhkan beberapa putaran sanksi terhadap pemerintah Maduro, mengatakan pihaknya menginginkan resolusi damai untuk krisis Venezuela di mana Maduro secara sukarela mengundurkan diri. 

Sebagian besar negara-negara barat menganggap Maduro tidak sah setelah ia mendapatkan masa jabatan kedua tahun lalu dalam pemungutan suara yang secara luas dianggap sebagai penipuan.

 Amerika Serikat sebaliknya mengatakan kepala negara Venezuela yang sah adalah pemimpin oposisi Juan Guaido, yang dituduh Maduro mencari kudeta.

Sumber :Reuters 
Terjemahan : (NTV /Cal)