Pemerhatian Lebih Terhadap Penggunaan Air Tanah Guna Menjaga Lingkungan

Pemanfaatan Air Tanah Harus Memperhatikan Keseimbangan Lingkungan
Pemerhatian Lebih Terhadap Penggunaan Air Tanah Guna Menjaga Lingkungan
Ilustrasi air tanah/ Istimewa

Surabaya, Nusantaratv.com Air tanah merupakan sumber daya alam yang terbarukan, namun apabila tidak kita kelola dengan baik dan memperhatikan keseimbangan antara imbuhan dan pengambilannya maka potensi ketersediaannya akan semakin berkurang.

"Air tanah memberikan peranan penting untuk berbagai keperluan, maka pemanfaatan air tanah harus memperhatikan keseimbangan dan pelestarian sumber yang kita kenal sebagai berwawasan lingkungan," ujar Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Sampe L. Purba di Surabaya, Kamis (28/11/2019).

Melalui talkshow ini, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Kementerian ESDM ingin memberikan gambaran kebijakan pemanfaatan air tanah bagi pertanian serta mencari solusi dalam mengatasi permasalahan penggunaan air tanah untuk irigasi di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Berikut Ini Rincian Anggaran Kementerian ESDM yang Telah Disetujui DPR

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Setiajit menyinggung persediaan air tanah permukaan yang semakin hari semakin berkurang. 

"Contohnya beberapa sumber air seperti di Malang yang awalnya cukup besar dan semakin hari jumlah sumbernya semakin berkurang. Ini artinya lingkungan hidup harus dijaga, hutanpun harus kita jaga," kata Setiajit.

Sebagai informasi, sumber daya air termasuk diantaranya air tanah digunakan dalam berbagai kegiatan manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, kegiatan industri, pertanian, perikanan maupun penunjang sektor jasa.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0