Magang Tingkat Manajerial Tingkatkan Daya Saing Pimpinan

Program ini ditujukan agar para pejabat pemerintah tidak hanya memiliki kemampuan mengatur atau membuat regulasi, namun juga mengetahui dengan baik bagaimana bisnis proses korporasi di lapangan.
Magang Tingkat Manajerial Tingkatkan Daya Saing Pimpinan
Kabiro SDM ESDM Upik Jamil bersama Dirut SDM PT. Timah M. Rizki/ ESDM
Untitled Document

Pangkal Pinang, Nusantaratv.com - Selaras dengan Program Pemerintah yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Kementerian ESDM melaksanakan program magang Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat manajerial ke beberapa Badan Usaha.

Program ini ditujukan agar para pejabat pemerintah tidak hanya memiliki kemampuan mengatur atau membuat regulasi, namun juga mengetahui dengan baik bagaimana bisnis proses korporasi di lapangan, sehingga pengambilan keputusan dapat lebih efektif.

"Program ini dilakukan karena Kementerian ESDM memiliki tanggung jawab besar yang harus dijalankan oleh pegawai yang berkompetensi tinggi dan mengenal dengan baik kondisi di lapangan para stakeholder sektor ESDM," ujar Upik Jamil Kepala Biro Sumber Daya Mineral (SDM) ESDM pada acara penutupan Program Magang PNS KESDM Tingkat Manajerial pada PT. Timah, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut, Upik mengatakan program magang merupakan arahan langsung Menteri ESDM dalam membangun leadership yang baik kepada para pimpinan Kementerian ESDM. "Diharapkan leader-leader di ESDM setelah melaksanakan Program magang Leadership ini mampu membuat terobosan dan mendapatkan pemahaman yang utuh untuk menentukan arah kebijakan kedepan serta mampu memberikan contoh kepada pegawai lainnya" kata Upik.

Kementerian ESDM, tambah Upik, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada PT. Timah yang telah memberikan sharing knowledge dan pengalaman kepada seluruh peserta magang. "Sebagai bentuk timbal balik, Kementerian ESDM juga menerima pegawai dari PT. Timah atau perusahaan lain untuk magang di Kementerian ESDM untuk dapat saling memahami," jelas Upik.

Sementara itu, Direktur SDM PT. Timah M. Rizki berharap program magang terus berjalan dengan baik, dan juga mendapatkan terus kuota peserta magang agar PT. Timah dapat memperbaiki kinerja pegawai mereka. "Melalui program magang ini, peserta magang telah memberikan inspirasi bagi perusahaan sehingga ada perspektif yang lebih luas, dalam melakukan inovasi perubahan-perubahan untuk perusahaan," ungkap Upik.

Sebagai informasi, pelaksanaan program magang Kementerian ESDM Tahun 2018 telah dilaksanakan dengan baik pada 17 Badan Usaha Sektor ESDM dengan jumlah peserta sebanyak 180 orang, salah satunya adalah PT. Timah, tbk yang menerima peserta magang sebanyak 10 orang berlokasi di Pangkal Pinang.

Kegiatan magang ini diselenggarakan sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan kompetensi ASN dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karir pegawai dan melahirkan terobosan inovasi-inovasi baru. Melalui program magang ASN Tingkat Manajerial ini diharapkan Kementerian ESDM bersama PT. Timah dan Badan Usaha Sektor ESDM lainnya dapat bekerja bersama-sama demi kemajuan Bangsa.