Empat Fakta Kapal Selam yang Sebaiknya Anda Tahu

Dengan bentuknya yang unik, kapal selam dapat mengarungi perairan bawah laut yang gelap dan misterius selama berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan.

Kapal Selam

Nusantaratv.com - Indonesia berduka, kapal selam KRI Nanggala 402 dengan kru berjumlah 53 orang, dinyatakan tenggelam di perairan Bali Utara pada kedalaman 838 meter. 

“Telah diperoleh citra bawah air yang telah dikonfirmasi sebagian atau sebagai bagian dari KRI Nanggala 402,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dikutip dari Okezone, Minggu (25/4/2021).

Panglima TNI memaparkan komponen itu terdiri dari kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak. Dari komponen itu, baru baju keselamatan yang telah muncul ke permukaan dan dievakuasi.

Baca Juga: Ini Penampakan KRI Nanggala 402 di Kedalaman 838 Meter

Bicara masalah kapal selam, tentu kita akan dihadapkan pada teknologi canggih yang membuat kapal ini bisa berada di permukaan maupun di bawah air laut. Dengan bentuknya yang unik, kapal selam dapat mengarungi perairan bawah laut yang gelap dan misterius selama berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan.

Mengapa kapal selam dapat naik dan turun ke permukaan? Ternyata hal ini dikarenakan kapal selam dilengkapi dengan sebuah tangki air yang digunakan sebagai pemberat saat kapal selam hendak menyelam ke dalam air dan dikosongkan saat kapal hendak muncul ke permukaan. 

Kapal Selam Nanggala

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta menarik mengenai kapal selam yang kita kenal selama ini.

1. Kapal Selam Pertama Dibuat Tahun 1620
Kapal selam pertama kali dibuat tahun 1620 di Inggris oleh Cornelius Drebbel. Lalu, sepanjang tahun 1700-an, kapal selam mulai mengalami berbagai perkembangan hingga akhirnya di tahun 1775, kapal selam militer pertama dibuat oleh David Bushnell dari Amerika Serikat. Kala itu, kapal selam yang diberi nama Turtle tersebut hanya dapat memuat 1 orang penumpang.

2. Awak Kapal Selam Tetap Bisa Dapatkan Air Bersih
Meski berada di kedalaman laut di dalam kapal selam, awak kapal tetap bisa mendapatkan air bersih untuk mandi, minum hingga memasak. Caranya dengan menyuling air laut menjadi air tawar dengan menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Panglima TNI Segera Usulkan Kenaikan Pangkat 53 Awak KRI Nanggala 402 yang Gugur

3. Kapal Selam Punya Periskop
Periskop adalah alat seperti teropong tinggi yang dilengkapi dengan kaca dan prisma. Alat ini diatur sedemikian rupa agar orang yang berada di dalam kapal selam bisa melihat keadaan laut di luar kapal selam.

4. Digunakan Sebagai Senjata
Di masa Perang Dunia I dan Perang Dunia II, kapal selam menjadi senjata yang ampuh untuk menenggelamkan kapal-kapal musuh.

Saat difungsikan sebagai alat perang, kapal selam akan dipersenjatai dengan torpedo (senjata berbentuk cerutu atau tabung yang dapat ditembakkan dari dalam air).

Sumber: indozone.id

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK