Eks Ketum FPI dan Menantu Habib Rizieq Ditahan, Kenapa?

Habib Hanif Alatas ditahan karena kasus RS Ummi Bogor yang mengganggu kerja Satgas COVID-19.

Jakarta, Nusantaratv.com-Mantan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis dan menantu Habib Riizeq Shihab resmi ditahan oleh kejaksaan. 
Keduanya ditahan atas kasus yang berbeda. Ahmad Shabri Lubis ditahan terkait kasus kerumunan di Petamburan yang juga menjerat Habib Rizieq. Habib Rizieq sendiri telah ditahan sejak Desember 2020. Sedangkan Habib Hanif Alatas ditahan karena kasus RS Ummi Bogor yang mengganggu kerja Satgas COVID-19.

"Betul, penahanan oleh JPU," ujar pengacara FPI Ichwan Tuankotta, Senin (8/2/2021).

Selain Ahmad Shabri Lubis dalam kasus kerumunan Petamburan, kejaksaan juga menahan empat orang lainnya yakni Haris Ubaidillah, Habib Ali Alwi Alatas, Habib Idrus Alhabsy, Maman Suryadi.

Sementara satu orang tersangka lain, dr Andi Tatat (AT) belum dilakukan penahanan. AT belum ditahan karena pertimbangan tenaganya masih diperlukan dalam penanggulangan covid-19. Keenam tersangka ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Cabang Bareskrim selama 20 hari ke depan terhitung 8 Februari sampai 27 Februari 2021. 

"Untuk mempermudah proses penyelesaian perkaranya dengan mempertimbangkan unsur obyektif dan unsur subyektif tentang penahanan, terhadap 7 (tujuh) orang Tersangka dilakukan penahanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk masa waktu selama 20 (dua puluh) hari terhitung sejak tanggal 08 Februari 2021 s/d 27 Februari 2021 dan ditempatkan di Rutan Salemba Cabang Bareskrim Mabes Kepolisian RI di Jakarta Selatan," kata Kapuspen Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, saat dikonfirmasi media, Senin (8/2/2021).

Terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan 
Bareskrim Polri telah melimpahkan tersangka beserta seluruh barang bukti 2 kasus kerumunan dan 1 kasus tes swab Habib Rizieq Shihab ke kejaksaan. Total ada 8 tersangka dari 3 kasus tersebut.

Baca juga: Berkas P21, Rizieq Segera Duduk di Kursi Pesakitan

"Kita update informasi perkara-perkara yang ditangani oleh Bareskim. Seperti kita ketahui bersama Bareskrim menangani perkara yang terkait dengan protokol kesehatan. Pertama perkara Petamburan, kedua perkara Megamendung, Bogor, dan ketiga RS Ummi Bogor. Di mana di dalamnya terdapat 8 tersangka yaitu atas nama MRS beserta kawan-kawan," ujar Brigjen Rusdi.

Dijelaskan, pada Jumat (5/2), pihak Kejagung telah mengirim surat ke Bareskim yang menyatakan berkas ketiga kasus Habib Rizieq itu telah lengkap. Selanjutnya kasus akan diproses pihak kejaksaan.

"Oleh karena itu, hari ini tanggal 8 Februari 2021, tanggung jawab tersangka beserta barang bukti itu telah diserahkan dari penyidik Bareskrim Polri kepada pihak kejaksaan. Tentunya proses lanjut ditindaklanjuti kejaksaan untuk tuntaskan kasus protokol kesehatan yang 3 tersebut," tuturnya.

Dipastikan, Habib Rizieq akan segera disidang terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap. Pihak pengacara pun menyiapkan strategi dan siap berdebat dalam sidang kasus tersebut.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK