Saatnya UMKM Go Digital

Tingkatkan Perputaran Roda Perekonomian Nasional, Mendag Mendorong UMKM Go Digital
Rayza Nirwan - Ekonomi,Minggu, 22-11-2020 23:15 WIB
Saatnya UMKM Go Digital
Ilustrasi UMKM/ Riau.go.id

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyampaikan, partisipasi pelaku UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian nasional guna menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun salah satu cara yang diambil oleh Mendag, yaitu dengan mengoptimalkan potensi niaga elektronik atau e-commerce yang ada.

"Pemanfaatan platform digital oleh UMKM berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hal ini mengingat 96% populasi pelaku usaha Indonesia yang menggerakkan sektor perdagangan adalah UMKM," ujar Mendag beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Transaksi Perdagangan Digital Mampu Hasilkan Rp195 Miliar

"Untuk itu, pemerintah melalui Kemendag berkomitmen memfasilitasi pelaku usaha, khususnya UMKM untuk dapat mengoptimalkan tren pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan transaksi masyarakat yang sejalan dengan perkembangan pola dan cara konsumsi masyarakat," tambahnya.

Kemendag turut memfasilitasi 24 pelaku waralaba untuk berpartisipasi dalam pameran ini dengan menyediakan stan secara virtual.

Pelaku waralaba tersebut terdiri atas 10 pelaku waralaba di sektor kuliner; 3 pelaku waralaba jasa spa, perawatan tubuh dan kecantikan; 6 pelaku waralaba jasa laundry, 3 pelaku waralaba jasa pendidikan; serta 1 pelaku broker properti; dan bengkel motor.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0