Resmi Ditaken 15 Negara, Apa Itu Pakta Perdagangan RCEP?

RCEP adalah pakta perdagangan antara 10 negara anggota blok ASEAN dengan sejumlah negara.
Sarah Fiba - Ekonomi,Senin, 16-11-2020 09:30 WIB
Resmi Ditaken 15 Negara, Apa Itu Pakta Perdagangan RCEP?
(BBC)

Nusantaratv.com- Lima belas negara Asia-Pasifik menandatangani kesepakatan perdagangan bebas terbesar di dunia pada hari Minggu (15/11). 

Melansir CNA, Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) adalah perjanjian perdagangan terbesar di dunia. Ini secara progresif akan menurunkan tarif di banyak wilayah di tahun-tahun mendatang.

Diluncurkan pada tahun 2012, RCEP adalah pakta perdagangan antara 10 negara anggota blok ASEAN, bersama dengan China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru. 

Kesepakatan itu mencakup 2,1 miliar orang, dengan anggota RCEP menyumbang sekitar 30 persen dari PDB global.

Tujuannya adalah untuk menurunkan tarif, membuka perdagangan jasa, dan mempromosikan investasi untuk membantu negara-negara berkembang mengejar ketertinggalan dunia.

Secara khusus, RCEP diharapkan dapat membantu mengurangi biaya dan waktu bagi perusahaan dengan memungkinkan mereka mengekspor produk ke mana pun di dalam blok tanpa memenuhi persyaratan terpisah untuk setiap negara.

Ini juga menyentuh kekayaan intelektual, tetapi tidak akan mencakup perlindungan lingkungan dan hak tenaga kerja.

Kesepakatan itu, yang disebut Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), berada di jalur yang tepat untuk menjadi pakta perdagangan terbesar di dunia, sampai Washington membatalkannya, dengan mengatakan itu menyalurkan pekerjaan AS.

Namun, pengamat mengatakan RCEP tidak seluas TPP, atau Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), seperti yang diketahui  penggantinya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0