Mendag Meresmikan Produksi Extra Neutral Alcohol

Dukung Penanggulangan Pandemi, Mendag Meresmikan Produksi Extra Neutral Alcohol
Rayza Nirwan - Ekonomi,Kamis, 30-07-2020 19:18 WIB
Mendag Meresmikan Produksi Extra Neutral Alcohol
Mendag Agus Suparmanto/ Kemendag

Jakarta, Nusantaratv.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, pemerintah terus mendukung pelaku usaha dalam negeri untuk menghasilkan produk-produk yang dapat digunakan dalam program penanggulangan pandemi. Salah satunya, produk Extra Neutral Alcohol (ENA).

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meresmikan operasional produksi ENA PT Energi Agro Nusantara (PT Enero) secara virtual. PT Enero merupakan salah satu peserta export coaching program Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Agustus 2020: Harga Referensi CPO Naik dan Biji Kakao Turun

"Produk ENA ini merupakan turunan produk alkohol dengan peringkat paling baik dengan kadar pengotor yang sangat kecil. Sehingga, dapat digunakan sebagai bahan baku industri kosmetik dan farmasi, industri hand sanitizer dan disinfektan, serta industri ekstraksi makanan," kata Mendag pada Rabu (29/7/2020).

Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi PT Enero karena telah memasok produkproduknya untuk program penanggulangan Covid-19 di dalam negeri. Kementerian Perdagangan juga mendorong PT Enero untuk melakukan ekspansi pasar ekspor. Nantinya, ekspansi tersebut tentunya dengan memperhatikan kebutuhan etil alkohol di pasar ekspor yang cukup besar dalam situasi pandemi saat ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang diolah Kementerian Perdagangan, kinerja etil alkohol Indonesia selama periode Januari-Mei 2020 tercatat sebesar 12,14 juta dolar AS. Sedangkan, impor etil alkohol Indonesia pada periode yang sama tercatat sebesar 4,8 dolar AS juta yang berasal dari Pakistan, Vietnam, Jerman dan Tiongkok.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0