Kemendag Dukung Penataan Ekosistem Logistik Nasional

Tingkatkan Daya Saing Perekonomian Indonesia, Kemendag Dukung Penataan Ekosistem Logistik Nasional
Rayza Nirwan - Ekonomi,Minggu, 27-09-2020 13:11 WIB
Kemendag Dukung Penataan Ekosistem Logistik Nasional
Mendag Agus Suparmanto/ Kemendag

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) sangat mendukung penaataan Ekosistem Logistik Nasional (ELN) dalam meningkatkan kinerja logistik nasional untuk memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia.

ELN juga dapat mempercepat proses ekspor-impor sehingga menyelaraskan arus lalu lintas barang dengan arus lalu lintas dokumen.

ELN adalah suatu hub ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Baca Juga: Mendag Dorong Ekspor Komoditas Bernilai Tambah di Bintan

"Kemendag sangat mendukung program ini. ELN akan menghilangkan hambatan, meningkatkan kecepatan, dan mengurangi biaya logistik dalam perdagangan internasional maupun domestik," ujar Mendag beberapa waktu lalu.

"Program ini akan mendorong produktivitas serta memperlancar barang mulai dari kedatangan, pengangkutan, hingga barang keluar dari gudang," tambah Mendag.

Mendag juga menyampaikan apresiasinya terhadap entitas logistik, baik pemerintah dan swasta yang telah bergabung dalam program ELN ini.

"Peran serta entitas logistik pemerintah dan swasta masih sangat dibutuhkan agar ekosistem logistik yang berkembang di Indonesia dapat memberikan dampak yang optimal. Munculnya penyedia platform-platform digital baru di seluruh wilayah Indonesia juga sangat diharapkan," kata Mendag.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0