ASEAN-Jepang Atur Strategi Hadapi Dampak Covid-19

ASEAN-Jepang Bahas Strategi Hadapi Dampak Negatif Covid-19 dan Adopsi ASEAN-Japan Economic Resilience Action Plan
Rayza Nirwan - Ekonomi,Rabu, 05-08-2020 06:21 WIB
ASEAN-Jepang Atur Strategi Hadapi Dampak Covid-19
Mendag Agus Suparmanto/ Kemendag

Jakarta, Nusantaratv.com - Para Menteri Ekonomi ASEAN dan Jepang melakukan pertemuan secara virtual pada The Special AEM-METI Meeting untuk membahas langkah-langkah menghadapi dampak negatif pandemi Covid-19, khususnya dalam bidang ekonomi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan, para menteri saling bertukar pandangan terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19 dan memulihkan aktivitas ekonomi masing-masing.

Pada pertemuan tersebut para menteri mengesahkan ASEAN-Japan Economic Resilience Action Plan sebagai tindak lanjut Joint Statement on Initiatives on Economic Resilience in Response to the Covid-19 Outbreak yang telah dipublikasikan pada 22 April 2020 lalu.

Baca Juga: Mendag Meresmikan Produksi Extra Neutral Alcohol

"Rencana aksi ini mencakup lebih dari 50 aktivitas kerja sama yang bertujuan memitigasi dampak pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan," kata Mendag.

Beberapa kerja sama yang tercakup dalam rencana aksi tersebut dan dapat dilakukan untuk memulihkan ekonomi ASEAN, antara lain meningkatkan kerja sama dan kolaborasi; menjamin keterbukaan pasar; meningkatkan fasilitasi dan arus perdagangan, khususnya barang penting (essential goods) dan produk medis.

Serta menghindari penerapan hambatan-hambatan nontarif yang tidak diperlukan. Selain itu, dukungan finansial perlu diberikan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak sangat signifikan akibat pandemi Covid-19.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0