Wamenkeu Ajak Alumni LPDP Hidupkan UMKM

Wamenkeu Suahasil Nazara Mengajak Alumni LPDP Guna Bantu Hidupkan UMKM
Rayza Nirwan - Ekonomi,Selasa, 22-09-2020 10:22 WIB
Wamenkeu Ajak Alumni LPDP Hidupkan UMKM
Wamenkeu Suahasil Nazara/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia karena sekitar 97% tenaga kerja diserap oleh UMKM dan 61,07% memberikan kontribusi terhadap total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Di samping itu juga sebagai penyelamat di berbagai krisis ekonomi. Tak hanya itu, bahkan UMKM menjadi pahlawan ekonomi Indonesia saat menghadapi krisis 1998, 64% tidak berubah omzetnya dan bahkan penurunan tenaga kerja hanya 0,1%. Sedangkan pada krisis global 2008 tidak berdampak signifikan karena ketergantungannya terhadap ekspor rendah.

Baca Juga: PT SIG Salurkan Bantuan Modal UMKM Perikanan

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam keynote speechnya pada acara Webinar Series ke-2 Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni LPDP Mata Garuda dengan tema 'Dualisme Peran UMKM di Tengah Krisis Ekonomi Nasional' beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, pemerintah sangat mendukung UMKM terlebih di masa pandemi. UMKM paling terdampak karena aktivitas ekonominya sangat tergantung pergerakan manusia. Pada ekspansi stimulus III, program untuk menyelamatkan nyawa dan penghidupan yakni program kesehatan dan program pemulihan ekonomi nasional.

Dalam program PEN ada 5 sektor yang menjadi fokus, yakni perlindungan sosial, UMKM, insentif perpajakan, sektoral regional, dan pembiayaan BUMN. Sebenarnya pada perlindungan sosial juga terdapat bagian untuk UMKM. Meski demikian pemerintah membuat pos khusus untuk memperjelas keberpihakannya atas sektor tersebut.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0