Trump Blacklist Lagi Dua Perusahaan China

Trump sebelumnya juga memblacklist sejumlah perusahaan china
Sarah Fiba - Ekonomi,Senin, 30-11-2020 19:50 WIB
Trump Blacklist Lagi Dua Perusahaan China
(DH)

Nusantaratv.com- Pemerintahan Presiden AS Donald Trump siap untuk menambahkan pembuat chip top China SMIC dan produsen minyak dan gas lepas pantai nasional CNOOC ke dalam daftar hitam lantaran diduga merupakan perusahaan militer China. 

Langkah tersebut akan membatasi akses perusahaan ke investor di AS, meningkatkan ketegangan dengan Beijing beberapa minggu sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat.

Reuters melaporkan awal bulan ini bahwa Departemen Pertahanan (DoD) berencana untuk menunjuk empat perusahaan China lagi yang diduga dimiliki atau dikendalikan oleh militer China, sehingga jumlah perusahaan China yang terkena dampak menjadi 35.

Belum jelas kapan tahap baru itu akan diterbitkan di Federal Register. 

Tetapi daftar itu terdiri dari China Construction Technology Co Ltd dan China International Engineering Consulting Corp, selain Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) dan China National Offshore Oil Corp (CNOOC), menurut dokumen dan tiga sumber.

Departemen Pertahanan tidak menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar. 

Langkah tersebut, bersama dengan kebijakan serupa, dipandang sebagai upaya Trump untuk memperkuat warisan kerasnya di China dan untuk memasukkan Biden ke posisi garis keras di Beijing di tengah sentimen bipartisan anti-China di Kongres.

Daftar ini juga merupakan bagian dari upaya yang lebih luas oleh Washington untuk menargetkan apa yang dilihatnya sebagai upaya Beijing untuk menggunakan perusahaan guna memanfaatkan teknologi sipil yang muncul untuk tujuan militer.

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0