Sosialisasi Pinjaman dan KPBU untuk Pembangunan Infrastruktur Daerah

Pemerintah Sosialisasikan Cara Bangun Infrastruktur di Daerah dengan KPBU dan Pinjaman Daerah
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 04-09-2020 15:17 WIB
Sosialisasi Pinjaman dan KPBU untuk Pembangunan Infrastruktur Daerah
Ilustrasi pembangunan infrastruktur/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman menyatakan bahwa diperlukan inovasi dalam membangun Infrastruktur di daerah.

Adapun salah satunya dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) agar tidak tergantung dengan APBN atau APBD saja.

Baca Juga: 20 Proyek Infrastruktur Hasil Penjualan Sukuk

"Pemerintah pusat berkomitmen untuk membangun infrastruktur di daerah. KPBU itu salah satu bentuk inovasi agar pembangunan infrastruktur tidak tergantung dari APBN atau APBD saja," kata Luky pada Rabu (3/9/2020).

"Kalau kita hanya tergantung dari APBN atau APBD saja, kita tidak akan bisa mengejar ketertinggalan tersebut. Dibutuhkan terobosan agar swasta mau tertarik membangun infrastruktur di daerah dengan tetap memperhatikan pandemi Covid-19," tambah Luky.

Salah satu yang proyek yang sudah dimanfaatkan dari skema KPBU adalah Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka di Jawa Barat, kerjasama dengan Pemprov Jawa Barat. Kemenkeu mensupport dengan penyiapan proyek atau PDF bahkan memberi subsidi konstruksi VGF atau Viability Gap Fund.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0