Realisasi Perlindungan Sosial Mencapai 41,37%

Realisasi Perlindungan Sosial dalam Program PEN Capai 41,37%
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 10-08-2020 09:55 WIB
Realisasi Perlindungan Sosial Mencapai 41,37%
Wamenkeu Suahasil Nazara/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penanganan Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk Perlindungan Sosial telah terserap sebesar 41,37% hingga awal Agustus 2020.

Tercatat sektor UMKM terealisasi 25,3%, sementara empat sektor lainnya, yakni kesehatan, sektoral dan Pemda, pembiayaan korporasi, dan insentif usaha masih di bawah 15%.

Baca Juga: Percepatan Pencairan Anggaran Penanganan Covid-19

"Perlindungan sosial Rp203 triliun itu sudah cair hampir 42%. Ini kan cairnya memang tiap bulan. Jadi, kalau bayar cash transfer itu kan memang tiap bulan cair, sehingga ini sampai akhir tahun akan kepakai," kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara beberapa waktu lalu.

Menurut Wamenkeu, salah satu tantangan pencairan anggaran PEN yang dihadapi pemerintah sebagai pengambil kebijakan adalah trade off antara kecepatan dan ketepatan. Bagaimana supaya cepat, namun tetap tepat. Untuk itu, Wamenkeu mengatakan bahwa tim monitoring dan evaluasi (monev) harus mencari permasalahan realisasi penanganan Covid-19 dan PEN secara detail.

"Kita harus lihat secara detail tim monev ini secara tiap minggu melihat dimana bottle necknya, apakah di dokumentasi anggaran, atau jangan-jangan bottle necknya di realisasi, atau jangan-jangan di desain kebijakannya," ungkap Wamenkeu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0