Pertumbuhan Ekonomi Sampai 5,5% pada 2021 Jika Penuhi Faktor Ini

Indonesia Diprediksi akan Tumbuh 4,5%-5,5% di Tahun 2021 Jika Faktor-Faktor Ini Terpenuhi
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 04-09-2020 05:51 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Sampai 5,5% pada 2021 Jika Penuhi Faktor Ini
Menkeu Sri Mulyani Indrawati/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Perekonomian Indonesia pada tahun 2021 diproyeksi mulai pulih antara 4,5%-5,5%. Namun akan sangat bergantung pada beberapa faktor seperti perkembangan penanganan pandemi Covid-19, reformasi struktural dan dukungan ekspansi fiskal.

"Tahun 2021 pemulihan ekonomi akan sangat tergantung pada berbagai faktor. Dari Kementerian Keuangan kami menyampaikan untuk range pemulihan ekonomi tahun depan adalah pada kisaran positif 4,5 hingga positif 5,5," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Wapres: Pemahaman yang Baik Tentukan Penerimaan Masyarakat Akan Ekonomi Syariah

"Ini sangat tergantung kepada skenario penanganan covid apakah berhasil dan apakah tersedia vaksin pada tahun 2021 yang bisa didistribusikan kepada porsi populasi kita secara cukup signifikan," tambah Menkeu.

Menkeu menambahkan tahun 2021 juga sangat tergantung pada akselerasi reformasi terutama di bidang struktural untuk meningkatkan produktivitas daya saing dan iklim investasi.

Selain itu, juga tergantung dari kemampuan fiskal di dalam mendukung program pemulihan ekonomi baik untuk pemulihan sisi demand dalam bentuk bansos dan BLT dan dari sisi supply dalam bentuk pemulihan sektor sektor produksi. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0