Menkeu Harapkan Kuartal III Jadi Titik Balik Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani INdrawati Berharap Periode Kuartal II Dapat Menjadi Titik Balik Ekonomi Indonesia
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 31-08-2020 07:40 WIB
Menkeu Harapkan Kuartal III Jadi Titik Balik Ekonomi
Menkeu Sri Mulyani Indrawati/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meyakini bahwa Kuartal III-2020 sebagai titik balik dari kegiatan ekonomi.

Menkeu melihat berbagai kegiatan ekonomi di bulan Juli mulai menunjukan tren positif. Untuk itu, menjaga momentum tren tersebut sangatlah penting dengan berbagai instrumen kebijakan pemerintah pada saat ini.

Baca Juga: Menkeu: Infrastruktur Jadi Prioritas Pemulihan Ekonomi

"Kita melihat pembalikan arah ekonomi menuju positif masih sangat dini dan masih sangat kaku. Walaupun kegiatan mobilitas masyarakat mulai meningkat dibandingkan bulan April dan Mei, namun mobilitas itu tidak langsung diterjemahkan ke dalam konsumsi maupun investasi," kata Menkeu beberapa waktu lalu.

Menkeu pun berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 mendekati 0%. Meski indikator recovery pada bulan Juli masih dini dan rapuh, Menkeu yakin akselerasi belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) pada bulan Agustus dapat menopang konsumsi dan investasi.

"Kalau seandainya kontraksi investasi bisa lebih diturunkan, lebih kecil dalam hal ini mendekati 0 dan konsumsi juga bisa mendekati zona netral yaitu 0, maka kita bisa berharap kuartal ketiga mendekati ke 0%," ungkap Menkeu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0