Kepala Daerah Mesti Percepat Belanja di Sisa Kuartal III 2020

Presiden Jokowi Menegaskan Pada Kepala Daerah untuk Percepat Belanja di Sisa Kuartal III 2020
Rayza Nirwan - Ekonomi,Sabtu, 05-09-2020 08:30 WIB
Kepala Daerah Mesti Percepat Belanja di Sisa Kuartal III 2020
Presiden Jokowi saat memberikan arahan ke para Gubernur dalam Ratas/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa kuartal I 2020 Indonesia masih tumbuh 2,97% sedangkan negara lain sudah minus, tetapi di kuartal II, Indonesia sudah -5,3%.

Oleh karena itu, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab), Presiden Jokowi meminta para Gubernur dan Bupati-Walikota mempercepat Belanja APBD provinsi dan APBD kabupaten/kota, terutama yang berkaitan dengan belanja barang, modal, dan bantuan sosial (bansos) agar meningkatkan konsumsi masyarakat dan memulihkan ekonomi di daerah.

Presiden Jokowi mengatakan, untuk kuartal III ini, Indonesia masih punya waktu 1 bulan, yaitu bulan September. Jika masih berada pada posisi minus, artinya Indonesia akan masuk ke resesi.

Baca Juga: Penjelasan Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2021

"Karena itu, saya minta ini dari data yang dilaporkan per 27 Agustus 2020 rata-rata nasional belanja untuk APBD provinsi ini masih di angka 44,74%, 44%, (sedangkan) belanja kabupaten dan kota mencapai 48,8%. Hati-hati mengenai ini," kata Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Kepala Negara menyampaikan bahwa ia sangat memantau realisasi belanja untuk barang dan jasa, untuk belanja modal berapa, dan belanja bansos. 

"Aceh untuk realisasi barang dan jasa sudah berapa persen, Sumut baru berapa persen, Bengkulu juga coba dilihat baru berapa persen, Sumbar sudah berada di atas 50%, 52%. Saya kira angka-angka ini yang betul-betul kita cermati,” ungkap Presiden Jokowi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0