Kebijakan TKDD Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

Kebijakan TKDD Tahun 2021 Akan Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 11-09-2020 08:59 WIB
Kebijakan TKDD Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional
Transfer ke Daerah dan Dana Desa/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Reformasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021 bertujuan untuk peningkatan quality control anggaran TKDD dan mendorong pemerintah daerah (Pemda) dalam pemulihan ekonomi, pendidikan dan kesehatan dalam rangka mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (PPAPBN) Tahun 2019 dan RUU APBN Tahun 2021.

Baca Juga: Penerbitan SEB Guna Percepatan Belanja Daerah

Dalam RAPBN 2021, anggaran TKDD naik 4,2% atau sebesar Rp 796,3 triliun, dengan rincian Transfer ke Daerah sebesar Rp 724,3 triliun atau naik 4,6% dan Dana Desa sebesar Rp 72 triliun, naik 1,1% dari alokasi pada tahun ini yang diatur dalam Perpres 72/2020.

"Arah kebijakan TKDD tahun 2021 adalah mendukung upaya pemulihan ekonomi sejalan dengan prioritas nasional melalui pembangunan aksesibilitas dan konektivitas kawasan sentra pertumbuhan ekonomi, serta dukungan insentif kepada daerah dalam rangka menarik investasi, memperbaiki sistem pelayanan investasi, dan dukungan terhadap UMKM," kata Menkeu beberapa waktu lalu.

"Kedua, sinergi TKDD dan belanja K/L akan semakin dipererat dalam pembangunan human capital di pendidikan dan kesehatan," tambah Menkeu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0