Indonesia Berhasil Raih Green Climate Fund

Kurangi Emisi Karbon, Indonesia Mampu Sandang Status Green Climate Fund
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 28-08-2020 07:30 WIB
Indonesia Berhasil Raih Green Climate Fund
Logo Green Climate Fund/ www.greenclimate.fund

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam melaksanakan program untuk mendapatkan dukungan dari Green Climate Fund (GCF).

GCF menyetujui untuk memberikan pendanaan sebesar 103,8 juta dolar AS sebagai wujud komitmen Indonesia aktif berpartisipasi mengendalikan perubahan iklim. Dana ini merupakan dukungan atas proposal REDD+ yaitu pengurangan emisi yang berasal dari deforestrasi dan degradasi hutan. 

Baca Juga: Bantuan Subsidi Gaji Pekerja Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi

REDD+ Indonesia merupakan penerima pendanaan terbesar, melampaui proposal Brasil yang telah disetujui sebelumnya senilai 96,5 juta dolar AS di bawah program percontohan REDD+ Results-Based Payment (RBP) GCF.

Program percontohan untuk REDD+ RBP dari GCF ini dimulai pada tahun 2017 dan akan berlangsung sampai dengan tahun 2022. Indonesia merupakan negara kelima yang berhasil mengakses program percontohan senilai 500 juta ini dolar AS.

GCF merupakan salah satu sumber pendanaan iklim non-APBN yang dapat membantu Indonesia mencapai Nationally Determined Contribution (NDC). Nantinya dana tersebut akan digunakan untuk mendanai aktivitas-aktivitas lingkungan hidup.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0