Indonesia Bakal Lanjutkan Komitmen Ekonomi Hijau

Menkeu Sri Mulyani Indrawati Meyakini Bahwa Komitmen Ekonomi Hijau Bakal Jadi Pendorong Transformasi Ekonomi Dunia
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 16-10-2020 01:15 WIB
Indonesia Bakal Lanjutkan Komitmen Ekonomi Hijau
Ilustrasi petani di persawahan/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara pada acara 'High Level Opening Dialogue of the Green Climate Fund Private Investment for Climate Conference'.

"Saya percaya bahwa implementasi Green Recovery akan menjadi pendorong transformasi ekonomi dunia, dan Indonesia akan terus melanjutkan komitmennya untuk mengurangi emisi karbon, untuk mencapai a climate resilient-nation," ujar Menkeu pada Rabu (14/10/2020).

Green recovery ini berkaitan dengan isu perubahan iklim global yang akan berpengaruh pada aspek ekonomi di berbagi negara.

Baca Juga: OJK Sebut Ada Pembukaan 643.057 Rekening Baru Pada BIK 2020

Menkeu menegaskan bahwa upaya implementasi green recovery ini harus didorong karena perubahan iklim memungkinkan adanya peningkatan penyakit berjangkit yang bisa menimbukan pandemi dan krisis kesehatan nasional yang akan sama atau bahkan bisa lebih buruk daripada Covid-19 yang sedang dialami global saat ini.

"Para pembuat kebijakan harus melihat secara lebih dekat mengenai paket pemulihan dari perspektif strategi jangka panjang untuk membangun ekonomi secara berkelanjutan," kata Menkeu.

Menkeu melanjutkan bahwa sebelum pandemi Covid-19, Indonesia sudah berupaya bagaimana membuat suatu fondasi pada pelaksaaan ekonomi hijau, dan yang membutuhkan beberapa kebijakan strategis terkait iklim lainnya.

Program penanganan perubahan iklim telah dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan strateginya yaitu pembangunan rendah karbon.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0