IMF: Pemulihan Ekonomi Global dari Covid-19 Tetap Sulit

IMF memperkirakan pertumbuhan global menyusut 4,4 persen tahun ini
Sarah Fiba - Ekonomi,Jumat, 20-11-2020 09:00 WIB
IMF: Pemulihan Ekonomi Global dari Covid-19 Tetap Sulit
(IP)

Nusantaratv.com- Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa ekonomi global sedang menghadapi jalan yang sulit untuk pulih dari hambatan pandemi Covid-19.

Seruan dari Managing Director IMF Kristalina Georgieva menjelang KTT para pemimpin G20 minggu ini datang saat negara-negara bergulat dengan dampak dari pandemi yang telah menewaskan lebih dari 1,3 juta orang dan menyebabkan kontraksi tajam dalam pertumbuhan ekonomi. 

"Sementara solusi medis untuk krisis sekarang sudah di depan mata, jalur ekonomi ke depan tetap sulit dan rawan kemunduran," kata Georgieva dalam sebuah postingan blog dikutip CNA. 

Menurutnya, kebangkitan infeksi adalah pengingat yang kuat bahwa pemulihan ekonomi yang berkelanjutan tidak dapat dicapai di mana pun kecuali dunia mampu mengalahkan pandemi. 

Dia menyerukan agar negara-negara bekerja sama untuk memastikan pasokan yang memadai dari vaksin, tes dan obat-obatan, serta upaya multilateral dalam pembuatan, pembelian dan distribusi solusi kesehatan. 

"Ini juga berarti menghapus pembatasan perdagangan baru-baru ini pada semua barang dan layanan medis, termasuk yang terkait dengan vaksin, "kata Georgieva.

IMF memperkirakan pertumbuhan global menyusut 4,4 persen tahun ini sebelum rebound 5,2 persen pada 2021. 

Namun, Georgieva mencatat pertumbuhan kuartal ketiga lebih baik dari yang diharapkan di Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Eropa.

Dalam catatan penelitian terpisah, IMF menyerukan negara-negara untuk bekerja sama untuk menyelesaikan pandemi. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0