Donatur Internasional Janjikan USD 600 Juta untuk Bantu Rohingya

Hampir satu juta orang Rohingya sekarang tinggal di kamp-kamp Bangladesh
Sarah Fiba - Ekonomi,Jumat, 23-10-2020 08:46 WIB
Donatur Internasional Janjikan USD 600 Juta untuk Bantu Rohingya
(AP)

Nusantaratv.com- Donatur internasional menjanjikan dana hingga USD 600 juta untuk mendukung pengungsi Rohingya pada Kamis (22/10).

Diketahui, para donatur yakni Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa menyelenggarakan konferensi virtual bersama dengan Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, (UNHCR)  yang bertujuan untuk memenuhi target pendanaan sebesar USD 1 miliar untuk tahun 2020.

Amerika Serikat, donor tunggal terbesar, mengumumkan hampir USD 200 juta dana baru sementara Uni Eropa menjanjikan sekitar USD 113 juta dan Inggris sekitar USD 60 juta. Sejumlah negara lain pun turut berkontribusi.

“Komunitas internasional telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk respon kemanusiaan dengan mengumumkan pendanaan hari ini sebesar USD 597 juta,” kata Komisaris Tinggi PBB Filippo Grandi dikutip CNA.

Lebih dari 730.000 Rohingya, anggota minoritas Muslim yang dianiaya, melarikan diri dari Myanmar pada tahun 2017 ke negara tetangga Bangladesh menyusul tindakan keras militer yang menurut PBB dilakukan dengan maksud genosida.

Myanmar membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan pihaknya melakukan operasi keamanan yang sah terhadap pemberontak yang menyerang pos polisi.

Hampir satu juta orang Rohingya sekarang tinggal di kamp-kamp Bangladesh yang padat yang merupakan pemukiman pengungsi terbesar di dunia.

Ratusan ribu tetap di negara bagian Rakhine Myanmar, di mana mereka secara luas dianggap sebagai imigran ilegal dari Bangladesh dan dikurung di kamp-kamp dan desa-desa, sebagian besar ditolak kewarganegaraan, pergerakan bebas dan akses ke perawatan kesehatan.

Puluhan orang tewas tahun ini saat memulai perjalanan berbahaya dengan perahu ke Malaysia untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0