AS Siap Investasi Rp28 Triliun ke SWF Indonesia

DFC juga akan bekerja sama dengan mitranya di Jepang, Uni Emirat Arab, dan Singapura untuk ikut berinvestasi di Indonesia...
Raymond - Ekonomi,Senin, 23-11-2020 18:10 WIB
AS Siap Investasi Rp28 Triliun ke SWF Indonesia

Nusantaratv.com - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri penandatanganan investasi yang dilakukan CEO United States International Development Finance Corporation (DFC) Adam Boehler ke Indonesia sebesar US$2 Miliar atau Rp28 Triliun dari DFC.

Dana investasi tersebut diterima oleh Indonesia Investment Authority atau Sovereign Wealth Fund Indonesia di Washington DC, pada Kamis (19/11) lalu. “DFC juga akan bekerja sama dengan mitranya di Jepang, Uni Emirat Arab, dan Singapura untuk ikut berinvestasi di Indonesia Investment Authority," tulis Kemenko Marves pada rilis yang diterima di Jakarta.

Langkah tersebut juga dilakukan bagian dari perbaikan ekonomi Indonesia, dan memang Menko Luhut juga pernah melakukan pertemuan sebelumnya.

Sedangkan, US IDFC sendiri merupakan lembaga pembiayaan investasi yang dibentuk atas mandat Kongres Amerika Serikat (AS) yang berfokus pada investasi di negara-negara berkembang.

Sementara di sisi lain, Indonesia akan membentuk Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi. Pemerintah berharap LPI bisa menarik dana investasi hingga mencapai tiga kali lipatnya atau sekitar Rp225 triliun. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0