Talas Beneng Bandung Diminati Australia dan Belanda

Daun talas beneng oleh perusahaan di Australia dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok. Kelebihannya tidak mengandung nikotin...
Ramses Rianto Manurung - Ekonomi,Minggu, 04-10-2020 22:11 WIB
Talas Beneng Bandung Diminati Australia dan Belanda
Tanaman talas beneng/ist

Bandung, Nusantaratv.vom-Selain rempah-rempah, tanaman talas beneng dari Indonesia sangat diminati di Australia dan Belanda. Jenis umbi-umbian ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan terbuka peluang ekspornya. 

Melihat peluang emas ini, para petani di Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat pun langsung tertarik menanam talas beneng.

Beben, salah seorang petani di Batulayang mengatakan dirinya tertarik menanam talas beneng karena pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Terutama untuk ekspor ke Australia dan Belanda yang masih terbuka lebar.

"Australia butuh daun talas beneng dalam jumlah yang sangat besar. Mereka butuh sampai 300 ton per pekan," kata Beben, Minggu (4/10/2020).

Beben menyebutkan daun talas beneng oleh perusahaan di Australia dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok. Kelebihannya tidak mengandung nikotin sehingga lebih aman digunakan.

Berbeda dengan Australia, sambung Beben, Belanda justru butuh batang talas beneng. Permintaannya juga cukup banyak yang sampai sekarang belum mampu dipenuhi petani di Indonesia.

Kabarnya, kebutuhan talas beneng sebagian besar masih dipasok dari Banten. Namun produksinya belum mampu memenuhi kebutuhan ekspor ke Australia.

"Banten baru bisa ekspor sebanyak 50 ton. Kebetulan di Bandung Barat lahannya masih sangat luas untuk budidaya talas beneng sehingga bisa memenuhi permintaan Australia.

Proses tanam talas beneng sampai daunnya dapat dipanen tergolong singkat yakni hanya tiga bulan. Sedangkan batangnya baru dapat dipanen setelah delapan bulan.

"Harga jualnya sekitar Rp 4.000 per kilogram," ujar Beben.

Talas beneng memiliki tinggi sekitar 2 meter dengan bobot bisa mencapai 50 mkilogram.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0