Sudahkah Industri Manufaktur Bijak Kelola Limbah?

Limbah Industri Merupakan Partikel Berbahaya untuk Mencemari Lingkungan Hidup
Rayza Nirwan - Ekonomi,Kamis, 12-11-2020 23:15 WIB
Sudahkah Industri Manufaktur Bijak Kelola Limbah?
Limbah yang mengalir ke sungai/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengelolaan Limbah yang bijak, baik dan tepat menjadi kewajiban bagi para pelaku industri manufaktur Tanah Air demi mencegah pencemaran lingkungan hidup.

Hal ini juga menjadi upaya pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian (Kemenperi) dalam terwujudnya pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

"Memacu daya saing sektor industri juga tidak bisa lepas dari peran perusahaan melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkan," ujar Dirjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Muhammad Khayam di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga: Kemenperin: Daya Saing Industri Naik, Sudah Terasa?

Dirjen IKFT mengungkapkan, pihaknya telah mengajak sektor binaannya untuk mengimplementasikan konsep industri hijau.

Beberapa waktu lalu, kami telah menggelar dialog tentang potensi pemanfaatan limbah B3 padat pada sektor industri dan ketenagalistrikan, serta pengelolaan limbah B3 cair pada sektor industri kimia, farmasi, dan tekstil," kata Khayam.

Konsep pembangunan industri hijau adalah mengedepankan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, sehingga selaras dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat.

Bagi kalian para pelaku dan pekerja industri manufaktur, tetap harus bijak ya dalam mengelola limbah guna menjaga lingkungan hidup untuk anak dan cucu kita ke depan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0