Produk Pakaian Bayi Indonesia Wajib SNI

Pemerintah Melakukan Pembimbingan Terhadap IKM Pakaian Bayi untuk Terapkan SNI
Rayza Nirwan - Ekonomi,Kamis, 12-11-2020 01:45 WIB
Produk Pakaian Bayi Indonesia Wajib SNI
Bayi Indonesia/ AFP Services

Jakarta, Nusantaratv.com - Guna menjaga kualitas dalam memberikan layanan kepada bayi Indonesia, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) coba melakukan yang terbaik dengan memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk memberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk pakaian bayi.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan untuk menjaga keselamatan anak Indonesia.

"Penerapan SNI wajib ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk pakaian bayi yang beredar di Indonesia, selain juga untuk melindungi keamanan, kesehatan, dan keselamatan anak Indonesia," ujar Gati di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga: Kemenperin: Daya Saing Industri Naik, Sudah Terasa?

Dirjen IKMA tersebut juga mengungkapkan bahwa regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan SNI Persyaratan Zat Warna Azo, Kadar Formaldehida dan Kadar Logam Terekstraksi pada Kain untuk Pakaian Bayi secara Wajib. Standardisasi juga berperan sebagai acuan dalam pemantapan struktur industri sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Selain itu, pemberlakuan standardisasi dilakukan sebagai perlindungan konsumen khususnya dari serbuan produk impor berkualitas rendah dan membahayakan kesehatan, keamanan, keselamatan, serta kelestarian fungsi lingkungan hidup," kata Gati.

Sebagai informasi, sejak tahun 2015, Ditjen IKMA telah memfasilitasi pendampingan dan sertifikasi SNI pakaian bayi kepada 148 pelaku IKM.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0