Presiden Jokowi Tinjau Lahan Potensial Food Estate di Kalteng

Presiden Jokowi Melakukan Tinjau Langsung Terhadap Lahan Potensial Food Estate yang Berada di Kalteng
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 10-07-2020 14:54 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Lahan Potensial Food Estate di Kalteng
Presiden Jokowi di damping jajaran menterinya meninjau lahan potensial food estate di Kalteng/ PUPR

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi jajaran menteri, meninjau langsung dua lokasi yang akan dijadikan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa atau Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Presiden Jokowi mengatakan, sebagai tahapan awal Pemerintah akan mulai memperbaiki jaringan irigasi pada lahan potensial seluas 165.000 hektare (ha) yang merupakan kawasan aluvial, bukan gambut, pada lahan Eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG).

"Lumbung pangan sudah mulai dikerjakan, dua minggu ini terutama untuk urusan irigasinya dulu dan tahun ini insyaAllah akan kita mulai kurang lebih 30.000 hektar terlebih dahulu," kata Presiden Jokowi di Pulang Pisau, Kalteng, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Kementan Pacu Gerakan Percepatan Tanam Padi

Ditambahkan Presiden Jokowi, untuk berikutnya dalam waktu satu setengah tahun sampai maksimal dua tahun, akan ditambah lagi 148.000 ha, baik itu di Kabupaten Pulang Pisau maupun di Kabupaten Kapuas.

Pengembangan food estate tersebut disampaikan Presiden Jokowi sebagai upaya tindak lanjut peringatan organisasi pangan dunia (FAO). Dimana FAO memprediksi akan terjadi krisis pangan.

"Kita harapkan dengan cadangan strategis pangan kita ini betul-betul bisa kita atur kalau memang dalam negeri kekurangan, akan disuplai dari sini, entah itu bisa padi, bisa singkong, jagung, atau bisa cabe," kata Presiden Jokowi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0