Perkembangan Smelter Freeport di JIIPE Gresik

Dongkrak Daya Saing Industri Nasional Freeport Kembangkan Smelter di JIIPE Gresik
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 12-10-2020 04:50 WIB
Perkembangan Smelter Freeport di JIIPE Gresik
Indonesia Freeport Smelter/ CNBC

Jakarta, Nusantaratv.com - Dalam upaya mendongkrak daya saing industri nasional melalui hilirisasi mineral salah satunya dilakukan dengan pembangunan Smelter atau fasilitas pemurnian yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia.

"Banyak produk hilirisasi yang bisa dikejar, agar nantinya di Indonesia bisa ada pabrik-pabrik yang akan menggunakan hasil pemurnian dari Freeport. Nilai tambahnya bisa terus didorong," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga: Mantapnya Industri Batik Dipoles Teknologi Modern

PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang afiliasi dari Freeport-McMoran dan holding industri pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mining Industry Indonesia (MIND ID).

"Perusahaan tersebut sedang membangun pemurnian tembaga sebagai bahan baku industri otomotif, industri elektronik, kabel,pabrik AC, konstruksi instalasi listrik hingga electric vehicle," kata Menperin.

Adapun proyek smelter PT Freeport Indonesia berlokasi di kawasan industri JIIPE Gresik, Jawa Timur yang dibangun di lahan 100 hektare, serta supporting area seluas 120 hektare.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0