Pemerintah Bangun Infrastruktur, Jokowi Minta Pemda Sambungkan ke Kawasan Produksi

Pemerintah Ingin Perkokoh Pondasi Dalam Berkompetisi Demi Bersaing Dengan Negara-negara Lain.
Adiantoro - Ekonomi,Senin, 16-12-2019 15:23 WIB
Pemerintah Bangun Infrastruktur, Jokowi Minta Pemda Sambungkan ke Kawasan Produksi
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, di Istana Negara, Jakarta. (Agung/Humas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur. Ini lantaran pemerintah ingin memperkokoh pondasi dalam berkompetisi, demi bersaing dengan negara-negara lain. 

Sesakit apapun harus berani kita tahan, agar yang namanya pembangunan infrastruktur itu betul-betul rampung dan selesai. Artinya, kelanjutan pembangunan infrastruktur tetap kita laksanakan - ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, di Istana Negara, Jakarta, dilansir laman Setkab, Senin (16/12/2019). 

Pemerintah, lanjut Presiden RI ke-7 itu, ingin menyambungkan infrastruktur yang telah ada ke kawasan-kawasan industri, kawasan produksi pertanian, kawasan produksi perikanan, serta kawasan wisata yang ada di setiap provinsi di setiap daerah. 

Baca Juga: Jokowi Optimis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Rampung Akhir 2021

Dia mencontohkan, misalnya ada jalan tol disambungkan ke kawasan pertanian. Siapa yang menyambungkan? Kepala Negara menjelaskan, bahwa ada Pemerintah Daerah (Pemda), yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), serta Pemerintah Kota (Pemkot). 

Tugas Bapak-Ibu dan saudara-saudara semuanya adalah menyambungkan itu. Kalau  tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa berkonsultasi kepada Menteri PUPR - jelas ayah tiga anak itu. 

Dia juga meminta disambungkan ke airport yang telah dibangun atau yang sedang akan dibangun dalam proses ini juga dengan kawasan-kawasan wisata. Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), 58 tahun silam itu, memberi contoh seperti Labuan Bajo, Manado, Jogja, Mandalika, Danau Toba, dan Borobudur. 

Setelah ini selesai, tugasnya Menteri Pariwisata untuk promosi besar-besaran - terangnya.

Melanjutkan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), menurut mantan Wali Kota, Solo, Jateng, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melanjutkan untuk membangun yang lima berikutnya, yakni Bangka Belitung, Wakatobi, Bromo, Raja Ampat, dan Morotai. 

Sehingga, lanjut Presiden Jokowi, fokus pemerintah jelas. Kalau pembangunan pelabuhan dibangun pelabuhannya agar disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi yang lainnya.

Kawasan perkebunan, kawasan pertanian, kawasan produksi pertanian, kawasan produksi perkebunan, kawasan sentra-sentra industri kecil. Agar ada kecepatan di situ - tukas Presiden Jokowi.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: