Menarik! Warga Bandung Ciptakan Kompor Biomass Bahan Baku Limbah Kayu

ini meringankan sekali dari segi ekonomi dan waktu, ekonomis karena bahan bakunya sangat mudah
Raymond - Ekonomi,Jumat, 09-10-2020 17:32 WIB
Menarik! Warga Bandung Ciptakan Kompor Biomass Bahan Baku Limbah Kayu

Nusantaratv.com - Kehadiran Kompor biomas menjadi alternatif bagi pengusaha UMKM, mengapa tidak, kompor ini sangat ekonomis sekali, bahan bakunya berupa kayu kayu bekas, namun hasil apinya sangat baik. Untuk memasak air satu liter kompor ini tidak butuh waktu lama hanya butuh waktu 3 menit saja.

"ini meringankan sekali dari segi ekonomi dan waktu, ekonomis karena bahan bakunya sangat mudah, dari sisi waktu, ini sangat cepat perbandingan dengan kompor yang lain menggunakan bahan baku yang lain  1 banding 2 sampai 3," kata direktur PT Master  Iman Binsar, Kamis, (8/10).

Sementara itu bagi pengguna kompor ini yang berada di perkotaan maka disiapkan alternatif lain, yaitu dengan menggunakan pelet kayu, pelet kayu ini sendiri terbuat dari kayu-kayu atau ranting kayu yang di olah menjadi serbuk dan dipadatkan menjadi pelet kayu.

"Di daerah perkotaan susah untuk mendapatkan bahan seperti tadi namun kami siapkan alternatif berupa pelet kayu, alat kau ini merupakan bahan baku dari seluruh kayu atau ranting kami kelola jadi serbuk dan kami padat kan jadi pelet kayu," lanjutnya.

Untuk tahap awal kompor ini baru akan didistribusikan ke daerah pulau Jawa, untuk selanjutnya akan didistribusikan juga ke luar pulau Jawa.

"Untuk tahap pertama ini baru di pualu Jawa, kedepan kami dengan dukungan semua pihak akan perluas ke seluruh Indonesia," terangnya.

 

Untuk kualitas sendiri kompor ini bisa kuat hingga 5 tahun, dengan catatan ketika mematikan apinya tidak dengan cara disiram ai, selain itu, panas dari kompor biomass ini juga bisa menghasilkan energi listrik. (Saifal/Bandung)

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0