Kementan: Kebutuhan Pangan Hingga Desember Aman

Kementan Menyatakan Bahwa Stok Pangan Nasional Hingga Desember Mendatang Berada Dalam Kondisi Aman
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 03-07-2020 13:26 WIB
Kementan: Kebutuhan Pangan Hingga Desember Aman
Ilustrasi persawahan/ Shutterstock

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memastikan bahwa ketersediaan Pangan nasional hingga bulan Desember mendatang dalam kondisi aman dan terkendali.

"Dengan begitu, maka bisa kita lihat bahwa sesungguhnya kedaulatan pangan kita mulai tercapai. Maka itu, kita harus menjamin 267 juta rakyat Indonesia tidak kelaparan. Dan kita harus menjamin juga pangan yang dikonsumsi itu aman," ujar Agung saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komite II DPD RI beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Mentan Ikut Panen Jagung di Kendal

Agung mengatakan, setiap bulan per tanggal 15, Kementan selalu melakukan prognosa bagi 11 komoditas pangan utama. Bahkan pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Kementerian lain dan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai rujukan pusat data pemerintah.

"Yang pasti, saat ini kebutuhan beras nasional berada di angka 111,58 kilogram. Sedangkan total kebutuhan beras diperkirakan mencapai 30,08 juta ton. Sementara itu, perkiraan produksi beras nasional pada tahun 2020, diprediksi mencapai 30,26 juta ton, sehingga terdapat surplus beras sekitar 175,87 ribu ton," kata Agung.

Menurut Agung, dengan adanya stok awal tahun 2020 sebesar 5,94 juta ton, maka pada akhir tahun 2020 infonesia berpotensi mendapat tambahan surplus beras sebesar 6,11 juta ton.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0