Kemenperin: Daya Saing Industri Naik, Sudah Terasa?

Penggunaan Teknologi Digital Dinilai Menjadi Penyebab Peningkatan Daya Saing Industri di Indonesia
Rayza Nirwan - Ekonomi,Kamis, 12-11-2020 00:15 WIB
Kemenperin: Daya Saing Industri Naik, Sudah Terasa?
Ilustrasi pekerja pabrik/ Xiaomi

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Industri (Kemenperin) menilai sektor industri di Indonesia telah mengalami peningkatan pada sisi Daya Saing dengan berbagai produk yang kompetitif terhadap barang impor.

Penilaian ini menurut Kemenperin tidak terlepas dari implementasi teknologi digital pada peta jalan dari Making Indonesia 4.0.

"Strategi dan kebijakan Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan daya saing sektor manufaktur nasional, di antaranya adalah melalui akselerasi pada penerapan industri 4.0," ujar Dirjen Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Dody Widodo di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga: Waspada! Harga Pangan Global Naik Drastis

Dirjen KPAII menjelaskan, pemanfaatan teknologi modern di sektor industri diyakini dapat menurunkan biaya faktor produksi, mendorong penggunaan produksi dalam negeri, meningkatkan kualitas dan produktivitas SDM industri, serta memperbaiki standar kualitas produk-produk industri kecil menengah (IKM).

"Hal ini yang membawa dampak terdongkraknya daya saing industri di Indonesia," jelas Doddy.

Dody mengemukakan, berdasarkan Industrial Development Report 2020 yang dirilis UNIDO, Indonesia telah berada di urutan ke-38 dari total 150 negara dalam peringkat Competitive Industrial Performance (CIP) Index pada tahun 2019. Artinya, posisi Indonesia berhasil naik dibanding tahun 2018 yang menempati peringkat ke-39.

Jadi apa sudah jelas sisi apa yang membuat daya saing industri di Indonesia mampu terdongkrak.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0