Fadli Zon: Partisipasi TNI dalam Pembangunan Pertanian Penting!

Keterlibatan TNI di pertanian bukan baru
Mochammad Rizki - Ekonomi,Kamis, 15-10-2020 13:22 WIB
Fadli Zon: Partisipasi TNI dalam Pembangunan Pertanian Penting!
Fadli Zon.

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemuda Tani Indonesia bersama FKK Himagri membahas keterlibatan TNI dalam pembangunan pertanian di Indonesia melalui kegiatan Dialog Tani Nasional bertema 'TNI berTaNI', Senin (12/10/2020). 

Dialog secara virtual ini, dihadiri oleh 589 peserta dan mendapat dukungan dari Bank Negara Indonesia dan Telkom Indonesia serta menghadirkan beberapa narasumber yang di antaranya Ir. Fary Djemy Francis, MMA, Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia; Dr. H Fadli Zon, S.S., M.Sc, Ketua Umum DPN HKTI, Kol Kav Harfuddin Daeng, S.E., M.M, selaku Paban III/ Tahwil Ster TNI, Satrio Arismunandar wartawan senior dan Dr. Connie Rahakundini Bakrie selaku akademisi pertahanan dan keamanan. 

Baca juga: Bantu Mahasiswa, TNI Bantah Cari Popularitas di Demo UU Ciptaker 

Dialog dibuka oleh Fadli Zon, yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Fadli banyak menyampaikan gagasan bahwa keikutsertaan TNI dalam pembangunan pertanian, dapat menjadi solusi bagi peningkatan produksi pangan negeri.

Selain itu, menurutnya bukan kali pertama TNI ikut serta dalam pembangunan pertanian. 

"TNI bukan kali ini saja ikut bertani, pada periode presiden-presiden sebelumnya banyak TNI yang sudah membantu ke lapangan langsung ikut serta untuk bertani," ujar Fadli. 

"TNI semenjak dahulu sudah ikut kedalam program pembangunan pertanian di desa, dulu ada program namanya ABRI Masuk Desa, ABRI yang saat ini bernama TNI terlibat dalam pembangunan fisik seperti irigasi, penanaman, pencetakan sawah dan sebagainya. TNI juga memiliki peran yang sangat signifikan terutama di musim pandemi saat ini," lanjut Fadli. 

Fadli juga mengungkapkan pentingnya TNI berpartisipasi dalam pembangunan pertanian, mengingat ancaman terhadap pangan juga merupakan bagian dari bahaya negara. 

"Maka dari itu mereka (TNI) punya andil untuk ikut berjuang bersama rakyat dan seluruh elemen masyarakat lain dalam mebangun ketahanan pangan," jelasnya. 

Setelah dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang lain dengan prespektif keilmuannya masing-masing. Diskusi sendiri dimoderatori Suroyo selaku Ketua Harian DPP Pemuda Tani, dan Benny Rivaldy selaku Sekjen BP FKK Himagri. 

Adapun pernyataan terakhir sekaligus penutup dalam diskusi, disampaikan oleh Fary Djemy Francis. 

"Bahwa membangun pangan dan pertanian tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua elemen saja, semua elemen dari pejabat negara, pemangku kebijakan, petani yang menjadi ujung tombaknya, tak terkecuali TNI harus ikut serta bergotong-royong membangun pertanian untuk Indonesia yang lebih baik," tandas Fary. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0