Ekspor Perhiasan Kian Hari Kian Mengkilat

Ekspor ke AS Naik 37%, Kinerja IKM Perhiasan Semakin Kinclong
Rayza Nirwan - Ekonomi,Sabtu, 21-11-2020 01:15 WIB
Ekspor Perhiasan Kian Hari Kian Mengkilat
Perhiasan emas/ Bloomberg

Jakarta, Nusantaratv.com - Industri Perhiasan terus menunjukkan kinerja yang gemilang, dengan semakin agresif menembus pasar internasional. Geliat positif ini diyakini mampu mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.

"Dalam tantangan pandemi saat ini, kami bertekad melakukan pengembangan industri kecil menengah (IKM) karena sebagai sektor mayoritas dari populasi unit usaha di tanah air, di antaranya adalah sektor IKM perhiasan," ujar Dirjen IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta.

Perlu diketahui, sepanjang Januari hingga September 2020, nilai ekspor dari industri perhiasan mencapai 1,1 juta dolar AS.

Baca Juga: Dalam Hitungan Menit, Peneliti Ciptakan Berlian dalam Suhu Ruangan

Adapun kelima negara tujuan utama ekspor perhiasan nasional, yaitu Singapura dengan porsi nilai 33%, kemudian Hongkong (24%), Amerika Serikat (19%), Swiss (11%), dan Uni Emirat Arab (9%). Dari capaian tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-14 dengan nilai market share ekspor sebesar 1,56%.

"Sementara itu, khusus untuk ekspor ke Amerika dari bulan Januari sampai September tahun 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019, nilai ekspornya mengalami kenaikan sebanyak 37%. Indonesia menjadi negara pertama yang mengalami kenaikan terbesar untuk ekspor perhiasan emas ke Amerika,” ungkap Gati.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0