Begini Cara IKM Bisa Efisien

IKM Terus Berakselerasi di Tengah Pandemi Covid-19 Agar Dapat Efisien
Rayza Nirwan - Ekonomi,Sabtu, 14-11-2020 22:45 WIB
Begini Cara IKM Bisa Efisien
Ilustrasi IKM/ Warta Kota

Jakarta, Nusantaratv.com -  Pelaku usaha sektro Industri Kecil dan Menengah (IKM) terus memutar otak agara dapat efisien ditengah situasi pandemi Covid-19.

"Kami mendorong pelaku IKM melakukan adaptasi bisnis baru melalui optimalisasi produk dan layanan dengan memanfaatkan teknologi modern sehingga menciptakan inovasi atau terobosan yang belum ada sebelumnya," ujar Dirjen IKMA Kementerian Gati Wibawaningsih, (13/11/2020).

Baca Juga: Cerita Biogas dan Limbah Pabrik Tahu

Gati pun menjelaskan, setiap perusahaan memiliki kebutuhan perawatan, perbaikan dan operasional atau Maintenance, Repair and Operation (MRO) sebagai usaha melakukan efisiensi.

Adapun yang termasuk dalam kategori MRO adalah barang maupun jasa yang dibutuhkan untuk proses perawatan, perbaikan dan operasional, misalnya suku cadang mesin, pembersih, peralatan keselamatan, perkakas dan lainnya.

"MRO adalah sembakonya industri yang pasti habis dipakai, akibat rusak atau memang sudah waktunya diganti dan lain-lain. Setiap bulan, industri membutuhkan pasokan dari sisi vendor MRO. Misalnya, bila divisi maintenance tidak beli, divisi repair atau operation juga membutuhkan. Kadang ketiganya membeli. Jarang sekali ada perusahaan yang tidak membeli  kebutuhan MRO dalam satu bulan," katanya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0