Wujudkan 100% Rasio Elektrifikasi, Pemerintah Manfaatkan Tabung Listrik

Guna Mewujudkan 100% Rasio Elektrifikasi, Kementerian ESDM Manfaatkan Tabung Listrik
Rayza Nirwan - Ekonomi,Rabu, 05-08-2020 06:11 WIB
Wujudkan 100% Rasio Elektrifikasi, Pemerintah Manfaatkan Tabung Listrik
Tabung listrik/ Dok. UI

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya untuk melistriki seluruh rumah tangga yang tersebar di penjuru Tanah Air. Adapun salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan Tabung Listrik (Talis) untuk melistriki desa-desa yang berada di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Sebanyak 52.000 talis direncanakan akan diberikan kepada rumah tangga di 306 desa yang berada pada wilayah dengan kondisi geografi yang tidak memungkinkan untuk dipasang jaringan listrik PLN.

Baca Juga: Program 35.000 MW Terus Jalan di Tengah Pandemi

"Cara yang baik untuk melistriki ini, adalah sebagian besar, sekitar 306 desa itu menggunakan talis. Karena demografi maupun geografinya berada di atas gunung, di bukit, ada yang berserak, sehingga mau tidak mau harus dengan talis," kata Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu, beberapa waktu lalu.

Jisman menjelaskan bahwa Kementerian ESDM telah bersepakat dengan Komisi VII DPR RI untuk mengalokasikan 25.000 talis pada anggaran Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) tahun 2021. Sementara untuk pengadaan 27.000 talis lainnya masih dilakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan.

"Telah diputuskan dari 52.000 kebutuhan talis di sana, sudah ada kesepakatan dengan komisi VII DPR RI pada rapat kerja, untuk dialokasikan Ditjen EBTKE sebanyak 25.000 talis dan dilaksanakan di tahun 2021," ungkap Jisman.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0