Waduh! Pemerintah Bakal Cabut Subsidi LPG 3 Kg

Subsidi tetap diberikan, namun skemanya berubah
Mochammad Rizki - Ekonomi,Selasa, 14-01-2020 22:58 WIB
Waduh! Pemerintah Bakal Cabut Subsidi LPG 3 Kg
LPG 3 kg. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah berencana mencabut subsidi pada LPG 3 kilogram (kg). Subsidi tetap diberikan ke masyarakat yang membutuhkan, namun skemanya berubah. Tujuannya agar subsidi tepat sasaran.

Baca juga: Harga Gas Industri Mahal, Luhut: Banyak Maling 

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, kebijakan ini berlangsung mulai semester II tahun 2020. Subsidi tidak lagi diberikan ke tabung, melainkan langsung ke warga penerima.

"LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan," ujar Djoko, di Jakarta, Selasa (14/01/2020). 

Ia mengungkapkan, pihaknya sedang mendata warga miskin dan skema subsidi yang akan diberikan. 

"Kita sudah punya data, mau pakai kriteria miskin yang mana nih. Kita juga punya data konversi sejak awal lalu kita bandingkan, apakah mereka masih berhak," tutur Djoko.

Sejumlah skema dipertimbangkan dalam penyaluran subsidi. Antara lain menggunakan QR Code, sehingga nanti saat membeli tiga tabung, subsidi Rp 100 ribu akan langsung ditransfer ke rekening penerima subsidi. Saat ini tengah dihitung berapa rata-rata kebutuhan masyarakat yang berhak menerima subsidi setiap satu bulan. 

Saat ini, LPG 3 kg yang disalurkan ke masyarakat mencapai 6,9 juta ton per tahun.

Perubahan skema subsidi ini akan diatur oleh Kementerian Perekonomian serta Kemenko Maritim dan Investasi. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0