PT Freeport Indonesia Bayar Pajak Air Sampai Rp 1,4 Triliun

Pemerintah Provinsi Papua Mencatat Total Tagihan Pajak PT Freeport Indonesia Mencapai Rp 1,4 Triliun
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 02-03-2020 09:21 WIB
PT Freeport Indonesia Bayar Pajak Air Sampai Rp 1,4 Triliun
PT Freeport Indonesia/ Istimewa

Jayapura, Nusantaratv.com - Manajemen PT Freeport Indonesia saat ini tengah ditagih tunggakan pajak air permukaan kepada Pemerintah Provinsi Papua dengan total mencapai Rp 1,4 triliun.

Nilai ini tentu sangat fantastis, pembayaran pajak ini juga terbagi menjadi dua tahap, tahap pertama yakni 50% sebesar Rp 700 miliar dan ditambah kewajiban per tahun 15 juta dolar AS atau sekitar Rp 160 miliar pada Oktober 2019 lalu.

Baca Juga: Putra Papua Akhirnya Jadi Bos Freeport

Sedangkan untuk pembayaran tahap kedua terkait pajak air permukaan Freport, sesuai dengan kesepkatan akan dilakukan pada 2021 senilai Rp 700 miliar. Nilai ini juga ditambah Rp 160 miliar per tahun yang sudah disepakati dan diatur oleh izin usaha pertambangan khusus.

"Khusus untuk tahun 2020, Freeport akan membayar pajak air permukaan sebesar 15 juta dolar AS per tahun sesuai dengan perjanjian kesepakatan dengan Pemprov Papua," ujar Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama dilansir dari Antara, Minggu (1/3/2020).

Sebagai informasi, pembayaran pajak air permukaan Freeport, dilakukan melalui setoran uang dari PT Freeport Indonesia kepada Pemprov Papua melalui Bank Papua Pusat di Jayapura.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0