Pertamina Foundation Gelar PFestWebinar 2020 Bertema PFsains

Program PFsains sudah terbukti menarik minat para peniliti dan praktisi EBT hingga mencapai 360 tim aplikan yang telah mendaftar
Raymond - Ekonomi,Jumat, 20-11-2020 14:20 WIB
Pertamina Foundation Gelar PFestWebinar 2020 Bertema PFsains
Pertamina Foundation

Nusantaratv.com - PT Pertamina (Persero) terus mendukung penelitian kreatif untuk inovasi pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) melalui program PFsains. Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud mengatakan, bahwa pentingnya men-challenge generasi muda, researcher, akademisi, serta masyarakat umum untuk berpartisipasi dan peduli atas pengembangan new and renewable project.

“Khususnya terkait dengan community based research, agar hasil proyek  sosial ini akan memberikan kemanfaatan yang luar biasa, terutama kepada saudara-saudara kita di Indonesia Timur dan daerah perbatasan dalam konteks untuk clean and affordable energy,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang diterima hari ini.

Ia juga berharap, dengan demikian generasi muda merasa tertantang dan mampu menciptakan berbagai ide tentang pengembangan EBT. “Kami berharap para millenial semakin merasa ter-challenge untuk menciptakan ide-ide baru terkait pengembangan EBT”  tutupnya.

Sebagai informasi, Pertamina Foundation menyelenggarakan PFestWebinar 2020. Adapun program PFsains atau yang biasa dikenal sebagai Kompetisi Sobat Bumi 2020 Proyek Inovasi EBT merupakan wujud komitmen PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam mendukung penelitian kreatif untuk inovasi pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT). 

Program PFsains mempunyai tujuan menghimpun hasil riset dan praktik-praktik energi alternatif yang implementatif untuk penyediaan energi di daerah terisolir atau 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), serta berupaya menjawab permasalahan sampah perkotaan untuk inovasi biomassa. Program PFsains sudah terbukti menarik minat para peniliti dan praktisi EBT hingga mencapai 360 tim aplikan yang telah mendaftar program ini. 

Berbagai tahapan seleksi telah dilakukan untuk menjaring 3 tim terbaik yang akan bekerjasama dengan Pertamina untuk pengembangan proyek EBT lebih lanjut. Untuk semakin mengasah ilmu para peserta PFsains, Pertamina Foundation menggelar PFestWebinar yang bertemakan PFsains. Pada webinar tersebut juga akan diumumkan 3 tim terbaik dari 10 besar finalis berdasarkan pilihan para Juri PFsains.

Webinar PFsains sangat bermanfaat bagi kemajuan penelitian EBT di Indonesia khususnya bagi pemenuhan energi di daerah 3T dan untuk mendukung cita-cita Indonesia menjadi negara yang mandiri secara energi. 

Webinar PFsains hanya dikhususkan bagi para pendaftar program PFsains dikarenakan webinar ini bertujuan memotivasi, mengembangkan karakter (capacity building) dan meningkatkan kemampuan (upskilling) mereka dalam menciptakan inovasi terbaru di bidang EBT. Selain itu, webinar ini juga akan memberikan informasi terkait pengembangan jenis-jenis EBT yang paling berpotensial di Indonesia seperti biomassa, geothermal, solar cell dan lain-lain.

Webinar PFsains 2020 bertajuk “NRE for Sustainable Energy” dan akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 19 sampai 20 November 2020. Pembicara hebat yang dihadirkan dalam webinar merupakan pakar dan praktisi yang telah lama menggeluti dan meneliti beragam jenis EBT.

 

 

 

 

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0