Pengelolaan Tambang Minerba Memasuki Era Baru

Penerbitan UU Baru Pertambangan Mineral dan Batubara Dinilai Memberkikan Pengaturan yang Efektif
Rayza Nirwan - Ekonomi,Selasa, 23-06-2020 18:19 WIB
Pengelolaan Tambang Minerba Memasuki Era Baru
Ilustrasi pertambangan batubara/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Pasca diundangkannya Undang-Undang (UU) No 3/2020 pada 10 Juni 2020 lalu, kini pengelolaan sektor pertambangan mineral dan batubara (Minerba) memasuki era baru.

Penerbitan UU tersebut memberikan pengaturan yang efektif dan komprehensif untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan pertambangan mineral dan batubara saat ini dan ke depannya.

Baca Juga: Menteri ESDM Harapkan Sektor ESDM Jadi Sentral Agen Pembangunan

Adapun hal ini dapat menjawab tantangan bahwa kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara mempunyai peranan penting dalam memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

Salah satu poin penting dalam aturan ini yang disempurnakan adalah terkait reklamasi dan pascatambang.

Berdasarkan UU No.4/2009 pasal 100 disebutkan bahwa pemegang IUP dan IUPK wajib menyediakan dana jaminan reklamasi dan jaminan pascatambang, kemudian jika pemegang IUP dan IUPK tidak melaksanakan reklamasi sesuai dengan rencana yang telah disetujui, maka menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan reklamasi dan pascatambang dengan dana jaminan tersebut.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0