Pemerintah Perluas Pangsa Pasar EBT

Akselerasi Pemanfaatan EBT, Pangsa Pasar Energi Terbarukan Terus Diperluas
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 12-10-2020 06:30 WIB
Pemerintah Perluas Pangsa Pasar EBT
Ilustrasi EBT/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi yang ramah lingkungan akan dipercepat dengan menciptakan pasar baru EBT.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, pasar baru EBT tersebut dilakukan melalui program renewable energy base industry development (Rebid) dan renewable energy base on economic development (Rebed).

Program ini dirancang untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan di kawasan industri, Kawasan Ekonomi Khusus dan mendukung Kawasan ekonomi lokal di kawasan terpencil, terluar dan terdepan (3T).

Baca Juga: Skema KPBU untuk Jargas Dapat Dukungan Pemda

"Untuk mempercepat pemanfaatan EBT, Pemerintah, selain akan menerbitkan rancangan Peraturan Presiden yang mengatur pembelian listrik EBT oleh PT PLN, juga menciptakan pasar baru EBT melalui program renewable energy base industry development dan renewable energy base on economic development," kata Menteri ESDM beberpaa waktu lalu.

"Hal ini bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan EBT di kawasan industri dan Kawasan ekonomi Khusus dan mendukung Kawasan ekonomi lokal di kawasan 3T Indonesia, yaitu terpencil, terluar dan terdepan," tambah Menteri ESDM.

Indonesia, lanjut Arifin, sudah saatnya mengikuti tren masyarakat dunia yang mulai mengoptimalkan pemanfaatan EBT untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0