Pemerintah Lirik Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut

Pemerintah Melalui Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT untuk Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut
Rayza Nirwan - Ekonomi,Rabu, 21-10-2020 03:20 WIB
Pemerintah Lirik Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut
Penelitian pembangkit listrik tenaga arus laut/ ESDM

Jakarta, Nusantaratv.com - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian rangkaian pra feasibility study pemanfaatan arus laut dalam Pembangkit Listrik tenaga arus laut, di Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur.

Tim saat ini telah menyelesaikan tahapan pengunduhan data kecepatan arus dari alat Acoustic Doppler Current Profiler (ADCP) untuk mendapatkan data kecepatan arus laut selama 30 hari atau 1 bulan di Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Evaluasi 8 Lapangan Panas Bumi

Salah satu lokasi yang memiliki potensi energi laut cukup besar adalah perairan Selat Pantar, NTT. Berdasarkan penelitian P3GL pada 2011, selat ini memiliki kecepatan arus rata-rata cukup deras, sekitar 2 m/s, sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber pembangkit listrik.

Lokasi Selat Pantar dipilih karena berada di luar Pulau Jawa, sesuai dengan kegiatan prioritas Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 2020-2024.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan pemerintah pusat dan daerah, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, PT PLN, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi, dan Independen Power Producer (IPP), serta instansi terkait lainnya dalam upaya pemanfaatan energi baru terbarukan khususnya energi arus laut.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0