Pemerintah Kembangkan 7 Skema Hilirisasi Batubara

Jadi Tumpuan Energi Nasional, Pemerintah Kembangkan Tujuh Skema Hilirisasi Batubara
Rayza Nirwan - Ekonomi,Jumat, 16-10-2020 02:20 WIB
Pemerintah Kembangkan 7 Skema Hilirisasi Batubara
Tambang batubara/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Perkembangan global yang mengedepankan kebutuhan energi berbasis prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan mendorong Kementerian ESDM mengembangkan skema hilirisasi industri Batubara.

Hal ini sebagai jawaban sekaligus peluang bagi sektor tersebut dalam menjaga kebermanfaatan bagi perekonomian nasional.

"Kita harus mengkonversi bisnis batubara sesuai dengan perkembangan global dan dalam negeri, misalkan menerapkan Clean Coal Technology (CCT)," kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Sujatmiko, (15/10/2020).

Baca Juga: Hilirisasi Nikel Ciptakan Nilai Tambah Ekonomi

Lebih lanjut, Sujatmiko mengungkapkan ada tujuh skema hilirisasi batubara yang tengah dikembangkan oleh pemerintah, yakni gasifikasi batubara, pembuatan kokas (cokes making), underground coal gasification, pencairan batubara, peningkatan mutu batubara, pembuatan briket, dan coal slurry/coal water mixture.

"Tujuh hilirisasi ini masa depan batubara kita agar menjadi tulang punggung (backbone) energi baik di Indonesia maupun dunia," jelas Sujatmiko.

Dalam paparan Sujatmiko, Kementerian ESDM menargetkan penambahan 3 fasilitas peningkatan mutu batubara (coal upgrading) pada tahun 2024, 2026, dan 2028 dengan kapasitas masing-masing mencapai 1,5 juta ton/tahun.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0