Lembaga Penyalur BBM Akan Hadir di Tiap Desa

BPH Migas Berencana untuk Menghadirkan Lembaga Penyalur BBM di Tiap Desa
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 15-06-2020 10:46 WIB
Lembaga Penyalur BBM Akan Hadir di Tiap Desa
SPBU Kompak 56.862.03 Kecamatan Omesuri, NTT/ ESDM

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah terus berkomitmen untuk memperluas akses penyediaan energi seluruh wilayah Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah berharap di setiap desa terbangun lembaga penyalur BBM.

"Idealnya kita berharap, Pemerintah melalui BPH Migas ingin di setiap desa itu punya penyalur atau SPBU. Tinggal kategorinya saja, apakah mini ataukah sedang atau yang besar," ujar Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa, beberapa waktu lalu.

"Tapi kita ingin untuk menjamin ketersediaan BBM di seluruh NKRI mestinya idealnya dibangun di 75 ribu desa. Ini tantangan 5 atau 10 tahun ke depan," tambah Fanshurullah.

Baca Juga: Pembangunan Kilang Pertamina Dapat Dukungan Dewan Energi Nasional

Fanshurullah menambahkan bahwa saat ini dinilai kurang ideal untuk mengoptimalkan pendistribusian BBM ke pelosok-pelosok Indonesia. Lembaga penyalur tersebut terdiri dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker (SPBB), Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN), dan Agen Premium Minyak dan Solar (APMS).

"Saat ini baru terbangun 7.251 lembaga penyalur dan 192 terminal BBM," jelas Fanshurullah.

Fanshurullah juga menyampaikan, untuk menjamin distribusi BBM, perlu juga dilakukan pengawasan terhadap kegiatan pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa dengan panjang pipa transmisi 5.192,12 KM dan panjang pipa distribusi 6.133,54 KM.

"Untuk pipa-pipa yang pernah dibangun, transmisi, distribusi, ribuan kilo ini perlu diawasi, terutama untuk kebutuhan industri," ungkap Ifan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0