Lapangan Kerja Kelistrikan Masih Terbuka Lebar

Ini Persiapan Kementerian ESDM Hadapi Tantangan Kerja Ketenagalistrikan Nasional
Rayza Nirwan - Ekonomi,Sabtu, 13-06-2020 12:14 WIB
Lapangan Kerja Kelistrikan Masih Terbuka Lebar
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik/ Antara

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian ESDM optimis potensi Lapangan Kerja di sektor ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) akan terbuka lebar di masa mendatang.

Pasalnya tenaga kerja terampil di bidang ini sangat dibutuhkan dalam percepatan menuju target 23% bauran energi baru terbarukan di tahun 2025.

Baca Juga: Megaproyek Kilang Maksimalkan Tenaga Kerja Lokal

"Potensi lapangan kerja di bidang ketenagalistrikan sebenarnya masih terbuka luas. Selain yang bersentuhan langsung dengan sektor utama seperti pembangkitan, transmisi dan distribusi, tapi juga beroperasinya sektor pendukung, seperti industri trafo, kabel dan sebagainya," ujar Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral (PPSDM) KEBTKE Laode Sulaeman, bebrapa waktu lalu.

Pertumbuhan industri kabel, sambung Laode, menjadi salah satu contoh berkembang pesatnya serapan tenaga kerja. Data yang dimiliki oleh Aosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia (APKABEL), industri tersebut mengalami grafik yang positif di tahun 2020.

"Industri kabel tumbuh 10-15% di tahun ini. Sebut aja di Tangerang dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar hampir ada 20 pabrik kabel yang butuh banyak tenaga kerja dan punya omset besar. Ini baru dari kabel," kata Laode.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0