EBT Jadi Solusi Pemerintah Capai Ketahanan Energi

Pemerintah Siapkan Strategi Capai Ketahanan Energi dengan EBT
Rayza Nirwan - Ekonomi,Sabtu, 13-06-2020 10:25 WIB
EBT Jadi Solusi Pemerintah Capai Ketahanan Energi
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat membuka Jakarta Energy Forum 2020/ ESDM

Jakarta, Nusantaratv.com - Dalam rangka memenuhi target bauran energi nasional 23% bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT) di tahun 2025, Pemerintah bersama PT PLN telah merencanakan strategi.

Adapun langkah yang diambil untuk memenuhi aspek energy sustainability dengan memanfaatkan dan mengembangkan energi terbarukan, khususnya potensi energi setempat di suatu daerah secara lebih luas.

"Ke depan banyak tantangan yang kita hadapi dalam pengembangan EBT ini terutama untuk meningkatkan share EBT di dalam bauran energi kita," ujar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ekspor Batubara Mei 2020 Mencapai 7,77 Miliar Dolar AS

"Dengan EBT ini selain green yang kita peroleh, kita menuju ke ketahanan energi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di negara kita, bukan impor," tambah Jisman.

Kebijakan bauran EBT 23% ini telah diimplementasikan dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) 2019-2038 yang menjadi dasar penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD), maupun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN 2019-2028.

Menurut Jisman, pengembangan energi terbarukan yang berkelanjutan menjadi penting, karena saat ini untuk menuju ketahanan energi Indonesia perlu pemanfaatan energi setempat yang bersih.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0