BPH Migas Gandeng UI Masalah BBM

Kerja sama BPH Migas dan UI Menyangkut Riset Terkait Pengkajian, Sosialisasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Sektor...
Rayza Nirwan - Ekonomi,Senin, 15-06-2020 16:54 WIB
BPH Migas Gandeng UI Masalah BBM
Kantor BPH Migas/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Guna menjawab sejumlah masalah dan tantangan terkait perluasan akses penyediaan BBM, BPH Migas menjalin kerja sama baru dengan Universitas Indonesia.

Kerja sama ini menyangkut riset terkait pengkajian, sosialisasi, dan pengabdian kepada masyarakat di sektor hilir migas dalam upaya menangani dampak pandemi Covid-19 sekaligus untuk menyusun kebijakan jangka panjang.

"Nanti akan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama, bisa juga dengan fakultas," jelas Ifan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lembaga Penyalur BBM Akan Hadir di Tiap Desa

Tedapat empat poin utama kerja sama antara BPH Migas dan Universitas Indonesia, yakni kajian kebutuhan jenis BBM tertentu untuk konsumen pengguna transportasi khusus, darat, dan non-transportasi, kajian penyusunan Rencana Strategis BPH Migas 2020-2024, kajian multiplier effect dan nilai tambah atas pemanfaatan iuran BPH Migas dan kerja sama lain sesuai kesepakatan.

"Ini tantangan bagaimana kerja sama BPH Migas dengan civitas akademika termasuk UI untuk mewujudkan regulasi sehingga terjadi efisiensi untuk kepentingan rakyat," kata Ifan.

Ifan menjelaskan, pengembangan kerja sama dengan sejumlah pihak menggunakan dana operasional pemasukan BPH Migas yang berasal dari badan usaha migas sebesar Rp 1,3 triliun. Dari jumlah itu, hanya Rp 250 miliar yang digunakan untuk operasional.

Sehingga, Rp 1 triliun lebih digunakan BPH untuk mengembangkan kerja sama dengan sejumlah pihak untuk mengatasi persoalan hilir migas, seperti cadangan BBM Nasional.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0