Waduh! Ahok Minta Kementerian BUMN Dibubarkan

Ahok Mengatakan Banyak Hal di Pertamina yang memancing Emosi.
Adiantoro - Ekonomi,Rabu, 16-09-2020 09:39 WIB
Waduh! Ahok Minta Kementerian BUMN Dibubarkan
Basuki Tjahaja Purnama. (Instagram.com/@basukibtp)

Jakarta, Nusantaratv.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk. Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok berencana membubarkan kementerian BUMN. Ia menilai, pembentukan super holding akan lebih maksimal, daripada saat ini.

Kita harus ada semacam Indonesia Incorporation macam Temasek, sebelum Pak Jokowi turun," tegasnya, dalam sebuah video berdurasi sekitar enam menit yang diunggah akun POIN di platform Youtube pada Senin (14/9/2020).

Hal ini ia sampaikan bukan tanpa sebab. Mantan gubernur DKI ini mengatakan, bahwa banyak hal di Pertamina yang memancing emosinya, misal saja soal ada indikasi permainan antar-direksi.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, jadi direksi-direksi mainnya lobi ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan dari kementerian-kementerian," tambahnya.

Selain itu, Ahok juga mempermasalahkan adanya birokrasi pengangkatan pejabat Pertamina yang disebutnya masih menggunakan sistem pangkat sehingga proses pemilihannya tidak proporsional.

"Dulu bisa kerja 20 tahun ke atas kalau mau jadi SVP. Sekarang semua mesti lelang terbuka. Gaji pokok dibuat gede-gede. Masak ada orang gaji pokoknya 75 juta, itu dia nggak kerja juga dapat segitu. Kita lagi ubah sistem itu," tutup Ahok. (Md)

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0