Kemenkeu Sebut RI Masih Butuh Tenaga Kerja Asing??

Terkait dengan pekerja asing, ada semacam kebutuhan, kita memang membutuhkan TKA dengan keahlian betul-betul tertentu
Raymond - Ekonomi,Senin, 12-10-2020 15:25 WIB
Kemenkeu Sebut RI Masih Butuh Tenaga Kerja Asing??
Tenaga Kerja Asing

Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia dinilai masih membutuhkan peran Tenaga Kerja Asing (TKA), Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Suryo Utomo yang menyatakan, bahwa TKA dapat mentransfer pengetahuan kepada pekerja lokal.

"Terkait dengan pekerja asing, ada semacam kebutuhan, kita memang membutuhkan TKA dengan keahlian betul-betul tertentu, kami sedang definisikan keahliannya seperti apa," ujarnya, hari ini di Jakarta.

Adapun menurutnya, yang menjadi penting daripada TKA adalah bagaimana membuat aktivitas bisnis lebih efisien. "Dan yang penting tadi adalah bagaimana knowledge mereka bisa ditransfer kepada tenaga kerja di Indonesia," sambungnya.

Namun demikian, Suryo menyebut, setiap penghasilan diterima oleh TKA tidak dibebaskan begitu saja, melainkan tetap dikenakan atas penghasilan yang diperoleh di Indonesia selama 4 tahun pertama. 

Nantinya, setelah lebih dari 4 tahun dan dia masih berada di Indonesia, maka tetap dikenakan pemajakan dengan rezim normal.

"Karena Indonesia menganut world wide income base, unless yang tadi hanya 4 tahun pertama semacam insentif atau menarik mereka oke datang ke Indonesia, transfer knowledge Anda, dan Anda mendapatkan, bukan privilege, semacam kemudahan hanya penghasilan yang diterima di Indonesia saja yang dikenakan pajak di Indonesia, itu prinsipnya," tutupnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0