Wakil Presiden Afghanistan Selamat dari Serangan Bom yang Menargetkan Dirinya

bom tersebut menargetkan konvoi Saleh dan beberapa pengawalnya terluka.
Sarah Fiba - Dunia,Rabu, 09-09-2020 14:31 WIB
Wakil Presiden Afghanistan Selamat dari Serangan Bom yang Menargetkan Dirinya
(Wsj)

Nusantaratv.com- Sebuah bom pinggir jalan di Kabul menargetkan Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh pada Rabu (9/9/20) pagi, kata juru bicaranya, tetapi dia lolos dari serangan itu tanpa cedera.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian mengatakan kepada AFP bahwa, berdasarkan laporan awal, dua orang tewas dan 12 lainnya luka-luka dalam ledakan itu.

"Hari ini, sekali lagi musuh Afghanistan mencoba menyakiti Saleh, tetapi mereka gagal mencapai tujuan jahat mereka, dan Saleh lolos dari serangan itu tanpa cedera," tulis Razwan Murad, juru bicara kantor Saleh, di Facebook.

Dia mengatakan kepada Reuters bahwa bom tersebut menargetkan konvoi Saleh dan beberapa pengawalnya terluka.

Pejabat kementerian kesehatan mengatakan sejauh ini dua mayat dan tujuh orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit.

Naseer Rahin, seorang jurnalis lepas di Kabul, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas pemboman tersebut,  yang terjadi tepat sebelum pembicaraan damai yang telah lama ditunggu antara pemerintah Afghanistan dan Taliban di ibu kota Qatar, Doha.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed dengan cepat menyangkal para pemberontak terlibat dengan cara apapun, mengatakan bahwa "ledakan hari ini di Kabul tidak ada hubungannya dengan Mujahidin Imarah Islam", seperti yang disebut Taliban.

Dalam sambutannya setelah serangan itu, Rahin melaporkan bahwa Saleh mengatakan rakyat Afghanistan tidak akan pernah berurusan dengan nilai-nilai mereka dan tidak akan berkompromi.

Saleh, mantan kepala intelijen, telah selamat dari beberapa upaya pembunuhan, termasuk satu pembunuhan di kantornya tahun lalu yang menewaskan 20 orang .-AFP/Reuters

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0